Mawar Hartopo Cek Persiapan Lomba Satgas Jogo Tonggo

 07-10-2020 15:34 WIB by Admin  184x    News

 
 
KUDUS - Satgas Jogo Tonggo RW I Desa Menawan siap mewakili Kabupaten Kudus dalam Lomba Jogo Tonggo tingkat Provinsi Jawa Tengah. Persiapan yang matang sedang dilakukan oleh Pemerintah Desa, Kecamatan, serta TP PKK Kabupaten Kudus. Memastikan kesiapan dalam menghadapi lomba, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Kudus, Hj. Mawar Hartopo melaksanakan pertemuan dengan Camat Gebog dan Kepala Desa Menawan di Aula Balai Desa Menawan, Rabu (7/10/2020). Usai pertemuan, Mawar Hartopo menyaksikan proses pembuatan kerajinan tangan dari batok kelapa, pembuatan batik motif jambu citra, serta mengunjungi lokasi Satgas Jogo Tonggo di RW I Desa Menawan.
 
Dalam sambutannya, Mawar Hartopo menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Satgas Jogo Tonggo RW I Desa Menawan sebagai perwakilan Kabupaten Kudus. Dirinya mengungkapkan, penunjukan tersebut telah mempertimbangkan banyak hal, sehingga diharapkan kepercayaan yang diberikan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
 
"Tentunya penunjukan ini sudah mempertimbangkan banyak hal dan ini adalah sebagai amanah atau kepercayaan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Kudus kepada Satgas Jogo Tonggo RW I Desa Menawan ini," tuturnya.
 
Mawar Hartopo optimis, Satgas Jogo Tonggo RW I Desa Menawan mampu bersaing dalam lomba tingkat provinsi untuk meraih juara. Namun, yang tak kalah pentingnya yakni dalam pelaksanaannya di lapangan, Satgas Jogo Tonggo harus tetap dijalankan dengan maksimal melalui peran aktif PKK desa. 
 
"Saya percaya amanah ini akan dilaksanakan sebaik-baiknya oleh Satgas Jogo Tonggo RW I Desa Menawan, termasuk peran PKK juga saya harapkan bisa lebih optimal untuk mendukung program kegiatan jogo tonggo," pesannya.
 
Sebagaimana yang telah diketahui, Satgas Jogo Tonggo merupakan gagasan Gubernur Jawa Tengah dalam upaya menanggulangi dan mencegah penyebaran Covid-19. Dalam pelaksanaannya melibatkan seluruh elemen tingkatan pemerintah mulai dari gugus tugas provinsi, kabupaten, kecamatan, desa hingga RW. Mawar Hartopo menyebut, Satgas Jogo Tonggo merupakan salah satu gugus terdepan dalam penanggulangan pandemi, karena berada di tingkat RW.
 
"Dalam pelaksanaannya hingga ke tingkat koordinasi antara Kades dan Ketua RW. Oleh karenanya, Satgas Jogo Tonggo ini seperti gugus tugas yang paling terdepan, karena berada di tingkat RW," ujarnya.
 
Program Satgas Jogo Tonggo tersebut mengurusi urusan kesehatan, sosial keamanan, ekonomi dan hiburan. Adapun lumbung pangan dengan pemanfaatan lahan agar kebutuhan makan tercukupi serta memperkuat ketahanan pangan. Menurut Mawar Hartopo, gerakan Satgas Jogo Tonggo sebenarnya mengadopsi kegotongroyongan di tengah masyarakat yang telah ada sejak dulu.
 
"Gerakan ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, gotong royong di tengah masyarakat. Jogo Tonggo atau menjaga tetangga merupakan salah satu langkah yang diambil untuk membangun kepedulian masyarakat di masa pandemi Covid-19," pungkasnya.