Jalin Kerja Sama, Pemkab Kudus Buka Peluang Beasiswa SMA Taruna Nusantara

 10-10-2020 14:14 WIB by Admin  157x    News

 
 
KUDUS - Pemkab Kudus berupaya membuka peluang bagi siswa berprestasi yang secara ekonomi kurang mampu untuk menempuh pendidikan di SMA Taruna Nusantara. Kedua pihak sedang mengkaji rencana tersebut dalam pertemuan antara Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Kudus H.M. Hartopo dengan Kepala Sekolah SMA Taruna Nusantara, Mayjen TNI (Purn) Suhartono Suratman, beserta rombongan di Peringgitan Pendopo Kabupaten Kudus, Sabtu (10/10/2020).
 
Hartopo menyambut hangat kehadiran rombongan SMA Taruna Nusantara di Kabupaten Kudus dalam menyampaikan gagasan-gagasan terkait beasiswa pendidikan. Dirinya mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Kudus siap bekerjasama untuk membuka peluang sebesar-besarnya bagi siswa berprestasi namun kurang mampu secara ekonomi, agar dapat mengenyam pendidikan di SMA Taruna Nusantara.
 
"Dari Pemerintah Kabupaten Kudus diajak kerja sama masalah urusan beasiswa untuk di SMA Taruna, barangkali di sini ada siswa-siswa yang bagus yang memang memenuhi peryaratan tapi tidak memenuhi biaya, dari SMA taruna berharap bisa dibiayai Pemerintah Daerah atau Djarum Foundation," ujarnya.
 
Terkait persyaratan beasiswa, Hartopo belum menyebut secara detail, karena hal tersebut masih harus melalui kajian-kajian yang harus dilakukan. Secara garis besar, dirinya menyampaikan bahwa Pemkab Kudus akan merekomendasi siswa SMP yang kurang mampu namun berprestasi dan memenuhi persyaratan di SMA Taruna Nusantara. 
 
"Kalau ada yang memenuhi syarat bisa direkomendasikan. Ada persyaratan khusus di sana seperti nilai, dan yang diutamakan adalah anak tidak mampu, dikirim kesana dan dibuatkan rekomendasi," jelasnya.
 
Sementara itu, Mayjen TNI (Purn) Suhartono Suratman mengungkapkan bahwa pihaknya sedang mencari siswa-siswa terbaik di Kabupaten Kudus. Oleh karena itu, pihaknya menyampaikan informasi kepada Plt. Bupati Kudus untuk memberikan rekomendasi bagi siswa berpestasi yang kurang mampu.
 
"Intinya di Kudus kan banyak sekolah terbaik, terutama tingkat SMP. Kami selaku kepala sekolah memberikan informasi kepada Pak Plt. Bupati bahwa sekolah (SMA Taruna Nusantara) ini sangat berpeluang bagi siapa saja untuk anak-anak yang tidak mampu tapi punya prestasi baik, sehingga diberikan kesempatan masuk SMA Taruna," tandasnya.