Mawar Hartopo Ajak Kader PKK Maksimalkan Pemanfaatan Pekarangan

 18-11-2020 14:57 WIB by Admin  137x    News

 
 
KUDUS - Penguatan ketahanan pangan merupakan salah satu program Pokja III TP PKK Kabupaten Kudus. Berbagai kegiatan terus digencarkan, salah satunya adalah pemanfaatan lahan pekarangan rumah untuk menanam sayur, buah, hingga Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Hal ini disampaikan Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Kudus, Hj. Mawar Hartopo, dalam kunjungan lapangan di Kebun Gizi milik Kader PKK di Dukuh Boto Kidul, Desa Ngembal Rejo, Rabu (18/11/2020). 
 
Mawar Hartopo sangat mengapresiasi inovasi Kebun Gizi dari Kader PKK Desa Ngembal Rejo dalam mendukung ketahanan pangan. Keberadaan Kebun Gizi tersebut juga telah memberi manfaat bagi warga sekitar dalam upaya peningkatan gizi keluarga. Pasalnya, pada kebun gizi terdapat berbagai macam tanaman sayur dan buah-buahan seperti gambas, terung, labu, cabai, jeruk, pepaya, buah tin, serta tanaman obat.
 
"Dengan adanya Kebun Gizi ini manfaat yang dihasilkan sangat besar. Kita bisa berhemat untuk pengeluaran dapur, dan apabila panen berlebih bisa dibagikan ke tetangga. Ini bisa menjadi contoh bagi kita semua untuk pemanfaatan lahan pekarangan yang masih kosong, bisa ditanami berbagai macam sayuran, buah, hingga tanaman obat," ujarnya.
 
Kunjungan lapangan tersebut merupakan runtutan kegiatan TP PKK Kabupaten Kudus usai melakukan pembinaan 10 Program Pokok PKK di Aula Kecamatan Bae. Dalam kesempatan ini, Mawar Hartopo menyampaikan banyak hal terkait administrasi PKK, protokol kesehatan, dan kampanye 3M. Pihaknya berharap, pertemuan tersebut mampu menghasilkan keselarasan TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di lapangan.
 
"Tujuan kami kesini, utamanya untuk melanjutkan pembinaan yang telah dilakukan dalam rapat daring sebelumnya. Terutama masalah administrasi, karena saya lihat di beberapa kecamatan masih menemui kendala. Untuk itu mari kita seragamkan administrasi, karena kalau dari PKK Desa administrasinya sudah baik, maka otomatis pada PKK Kecamatan pun baik," pungkasnya.