TMMD Betonisasi Jalan Desa, Hartopo : Akses Ekonomi Jadi Lancar

 31-03-2021 13:31 WIB by Admin  99x    News

 
 
KUDUS - Jalan yang terjal di wilayah pedesaan mengurangi kemudahan akses masyarakat. Transportasi yang terganggu dapat berdampak pada jalannya perekonomian. Oleh karena itu, perbaikan jalan sangat penting untuk akses perekonomian. Adanya program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), yakni pengecoran jalan, membuat masyarakat desa mendapatkan akses jalan yang baik. 
 
Apresiasi program TMMD disampaikan Pelaksana tugas (Plt.) Bupati Kudus Hartopo setelah menandatangani prasasti hasil TMMD Sengkuyung Tahap I TA 2021 Kodim 0722/Kudus di Pendapa Kabupaten Kudus, Rabu (31/3).
 
Penandatanganan juga dilakukan oleh Dandim 0722/Kudus Letkol Kav. Indarto, dan disaksikan Danrem 073/Makutarama Kolonel Arm. Putranto Gatot Sri Handoyo dan Forkopimda Kabupaten Kudus. 
 
Seperti yang diketahui, TMMD telah melaksanakan pengecoran jalan sepanjang 645 meter dengan lebar 3 meter dan ketebalan 15 cm. Hartopo menyampaikan perbaikan jalan yang dilaksanakan di Desa Mijen Kecamatan Kaliwungu sangatlah tepat. Pasalnya, akses jalan wilayah pinggiran tersebut agak buruk. Dampaknya, perekonomian tak berjalan dengan baik. Pihaknya berharap adanya perbaikan jalan ikut meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Akses jalan yang baik akan membuka banyak peluang agar ekonomi rakyat membaik.
 
"Akses jalan wilayah tersebut yang tadinya berupa tanah, sekarang telah dicor. Benar-benar luar biasa. Semoga akses perekonomian menjadi lancar," ucapnya.
 
Selain sasaran fisik, TMMD juga melaksanakan sasaran non fisik. Di antaranya penyuluhan radikalisasi terorisme, dan balatkom, penyuluhan bintal, penyuluhan bela negara, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan narkoba, penyuluhan KB - Kes, penyuluhan kamtibmas, pencegahan Covid-19, penyuluhan pertanian, dan pemberdayaan masyarakat. 
 
Pihaknya mengapresiasi segala penyuluhan maupun edukasi kepada masyarakat. Salah satunya, lanjut Hartopo, sosialisasi wawasan kebangsaan sangat penting untuk meningkatkan patriotisme terutama masyarakat di pedesaan. Berbagai program juga mendapat sambutan positif dari masyarakat.
 
"Sosialisasi terkait NKRI sangat penting untuk masyarakat pedesaan. Programnya bagus-bagus. Warga juha menyambut gembira atas program-program dari TMMD," ucapnya.(*)