Hartopo : Perjuangan Pahlawan Revolusi Harus Selalu Diteladani

 03-10-2021 09:07 WIB by Admin  114x    News

KUDUS - Demi terus menegakkan Pancasila, para pahlawan revolusi berjuang sampai titik darah penghabisan. Perjuangan yang tak kenal lelah itu dapat dirasakan hingga sekarang. Pancasila berdiri kokoh menyatukan Republik Indonesia. Bupati Kudus Hartopo mengajak masyarakat untuk terus meneladani perjuangan pahlawan revolusi saat G30SPKI. Hal tersebut disampaikan usai upacara Hari Kesaktian Pancasila di halaman Pendopo Kabupaten Kudus, Jum'at (1/10).
 
Meneladani perjuangan pahlawan revolusi dapat dilakukan dengan mengibarkan bendera setengah tiang pada 30 September 2021. Instruksi pengibaran bendera tersebut telah disampaikan ke stakeholder hingga tingkat desa. Namun, pihaknya menilai instruksi tersebut belum dilaksanakan maksimal oleh masyarakat. Oleh karena itu, pihaknya meminta agar masyarakat lebih sadar dengan mengibarkan bendera setengah tiang di depan rumah. Pasalnya, pengibaran tersebut sebagai tanda berkabung dan penghormatan atas gugurnya para pahlawan.
 
"Kami sudah menginstruksikan agar bendera setengah tiang dikibarkan di depan rumah pada 30 September 2021. Tapi masih banyak warga yang belum melakukan," ucapnya.
 
Kedepan, pihaknya meminta kepala desa berperan aktif mengingatkan kepada ketua RT dan RW agar pengibaran bendera setegah tiang bisa maksimal. Pengibaran tersebut dapat memupuk kembali penghargaan para pahlawan. Pihaknya pun mendorong masyarakat menonton film dokumenter terkait G30SPKI dan perjuangan pahlawan revolusi agar semangat perjuangan dapat diteladani. 
 
"Pengibaran bendera setengah tiang bisa membangun kembali rasa penghargaan kepada para pahlawan yang telah gugur. Ada beberapa film dokumenter G30SPKI juga yang dapat ditonton agar lebih mengenal perjuangan pahlawan saat menegakkan Pancasila," paparnya.
 
Sementara itu, penyerahan penghargaan untuk Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Kudus juga dilakukan pada upacara Hari Kesaktian Pancasila. Hartopo bersama Forkopimda Kudus menyerahkan langsung sekaligus memberikan semangat agar anggota Paskibraka terus meningkatkan prestasi.(*)