Hartopo Minta Generasi Muda Semangat Belajar Sejarah

 27-10-2021 14:58 WIB by Admin  158x    News

KUDUS - Mempelajari sejarah dapat memberikan pembelajaran bagi masa depan. Pesan tersebut terus disematkan Bupati Kudus Hartopo kepada siswa-siswa MA Hasyim Asyari 3 Kudus dalam kegiatan 
Belajar di Museum Situs Purbakala Patiayam, Selasa (26/10).
 
Siswa diminta aktif mempelajari dan bertanya berbagai hal seputar Situs Patiayam. Sehingga, dapat melanjutkan perjuangan para sejarawan maupun guru sejarah yang selama ini telah menyampaikan edukasi terkait kejadian masa lalu. Para siswa pun dapat menceritakan Museum Patiayam sebagai tour leader bagi teman-teman maupun wisatawan dari luar Kudus. Kesempatan belajar langsung mempelajari Museum Patiayam harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. 
 
"Para siswa harus aktif bertanya dan mempelajari apa yang memang ada di situs Patiayam. Sehingga bisa paham dan bisa melanjutkan perjuangan para sejarawan. Bisa juga menjadi tour leader bagi wisatawan luar daerah," ujarnya.
 
Museum Patiayam sendiri memiliki berbagai koleksi fosil purba dari gajah, kerbau dan rusa, sampai dengan alat-alat batu. Seluruh temuan dari Situs Patiayam dikonservasi dan didata oleh tim dari Museum Jawa Tengah Ronggowarsito. Museum Patiayam terdiri dari dua lantai, lantai satu adalah ruang pameran temuan fosil, sementara di lantai dua tempat untuk perawatan. Hartopo menyampaikan akan terus berkoordinasi dengan pemerintah desa terkait pembangunan dan perawatan Museum Patiayam.
 
"Tanah Museum Patiayam masih sewa. Kita akan koordinasi terus dengan pemerintah desa sehingga bangunan Museum Patiayam bisa dibangun lebih maksimal," paparnya. (*)