Lepas Kontingen Pesta Siaga, Ketua Kwarcab Kudus : Ikuti dengan Percaya Diri

 10-05-2022 12:44 WIB by Admin  54x    News

KUDUS - Ketua Kwarcab Kudus, Mawar Anggraeni melepas kontingen Kudus dalam pesta siaga Binwil Pati. Sebanyak 16 peserta yang terdiri dari barung putra dan putri terbaik siap unjuk gigi dalam lomba yang mengasah keterampilan pramuka. Mereka adalah 8 siswa dari MI Pendidikan Islam Gondangmanis, Bae dan 8 Siswi dari SD 1 Jekulo yang merupakan juara pesta siaga tingkat Kwarcab Kudus.
 
Sebelum melepas, para peserta dilantik sebagai Pramuka Garuda oleh Mawar Anggraeni di halaman Sanggar Kwarcab Kudus, Selasa (10/5). Pramuka Garuda merupakan tanda bagi pramuka yang telah menyelesaikan tingkat kecakapan tertinggi pada setiap jenjang pendidikan kepramukaan, dalam hal ini jenjang siaga. Mawar Anggraeni mengatakan, menjadi Pramuka Garuda adalah sebuah penghargaan untuk menjadi teladan dengan memegang teguh janji dwi satya dan dwi darma.
 
"Adik-adik sudah menjadi Pramuka Garuda, artinya siap menjadi teladan bagi teman-temannya dengan memegang janji dwi satya dan dwi darma," tuturnya.
 
Pesta Siaga menjadi wadah bagi anggota pramuka untuk unjuk gigi dan mengasah keterampilan. Mawar Anggraeni mengatakan, menang atau kalah dalam suatu perlombaan adalah hal biasa. Maka dari itu, ia berpesan bahwa yang terpenting adalah kegiatan diikuti dengan hati yang ceria dan percaya diri. Tak hanya persiapan mental, peserta juga diminta untuk menjaga kesehatan fisik dengan makan makanan bergizi.
 
"Ikutilah pesta siaga nanti dengan percaya diri dan semangat. Jangan lupa sebelum berangkat dari rumah harus sarapan dulu pakai nasi, sayur dan lauk bergizi seimbang, biar optimal berkegiatan," pesannya.
 
Kabupaten Kudus akan menjadi tuan rumah Pesta Siaga Bina Wilayah (Binwil) Pati pada Hari Sabtu (14/5) mendatang. Museum Kretek dipilih menjadi lokasi digelarnya pesta siaga karena terdapat unsur edukasi historis Kota Kretek. Pesta Siaga nantinya diikuti oleh para peserta dari kontingen Kabupaten Pati, Rembang, Blora, Jepara, dan Kudus sebagai tuan rumah.
 
Jonathan Arifin sebagai salah satu peserta mengutarakan bahwa ia bersama teman-teman sudah dilatih untuk mempersiapkan pesta siaga yang tinggal menghitung hari. Dengan raut wajah penuh semangat, mereka siap mengeluarkan kemampuan terbaik dalam lomba-lomba pesta siaga. Baginya menjadi perwakilan peserta pesta siaga Binwil Pati adalah kesempatan emas untuk mendapat pengalaman berharga. 
 
"Sudah ikut latihan-latihan persiapan di sekolah. Senang bisa ikut sama teman-teman, nanti yang penting berusaha terbaik," katanya setelah dilantik menjadi Pramuka Garuda.(*)