Bupati Hartopo Ajak Ormas Aktif Berikan Masukan untuk Pembangunan Kudus

 19-11-2022 18:21 WIB by Admin  75x    News

KUDUS - Sebagai perwakilan masyarakat dari berbagai bidang, Bupati Kudus Hartopo mengajak anggota organisasi kemasyarakatan (ormas) aktif memberikan masukan untuk pembangunan Kabupaten Kudus. Hal itu disampaikannya dalam Peningkatan Kapasitas dan Peran Ormas di Gedung PPNI, Jum'at (18/11).
 
Hartopo mempersilakan berbagai ormas mengusulkan program atau fasilitas dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat desa dan kecamatan. Asalkan, program atau fasilitas dibutuhkan oleh masyarakat.
 
"Silakan mengusulkan dan memberi masukan dalam Musrenbang. Biar masukannya diakomodir. Yang penting program dan fasilitas itu memang dibutuhkan oleh masyarakat," ucapnya.
 
Selain itu, Bupati juga siap diundang dalam dialog dan interaksi mendalam dengan berbagai ormas. Justru, dialog internal dengan ormas dianggap lebih efektif untuk mengakomodir aspirasi.
 
"Kalau ada yang mau berdialog dengan kami silakan. Kirim surat ke kami, lalu ditentukan saja mau dialog dimana. Saya fleksibel kok," imbuhnya.
 
Orang nomor satu di Kudus ini menyampaikan kondisi pembangunan Kabupaten Kudus yang masih terkendala karena refocusing anggaran. Meskipun begitu, usulan atas pembangunan akan diakomodir dan menjadi pertimbangan dalam pembahasan APBD selanjutnya.
 
"Memang saat ini pembangunan terkendala refocusing untuk penanganan Covid-19. Tapi nanti akan kami jadikan pertimbangan dalam Musrenbang berikutnya," lanjutnya.
 
Salah satu peserta sekaligus Ketua Forum Komunikasi Disabilitas Kudus (FKDK), Rismawan Yulianto mengusulkan agar penyandang disabilitas dilibatkan dalam Musrenbang di tataran desa dan kecamatan. Usulan itu disambut baik oleh Bupati Kudus.
 
"Bisa, Mas, silakan berkoordinasi dengan Kesbangpol biar dikomunikasikan dengan camat," jelasnya.
 
Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kudus Mohammad Fitriyanto menyatakan terdapat 80 peserta yang mengikuti kegiatan. Pihaknya menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan peran ormas dalam pembangunan sehingga kesejahteraan masyarakat terwujud.
 
"Kegiatan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan peran dan memberikan edukasi kepada ormas tentang pembangunan di Kudus," ujarnya. 
 
Tak hanya bupati, beberapa undangan juga hadir dalam kegiatan. Salah satunya yakni anggota DPRD Kabupaten Kudus Nurhadi dan Sekretaris Bappeda Kudus Arif Suwanto sebagai pembicara.(*)