Bupati Hartopo : Pasar Rakyat Jadi Ajang UMKM Lokal Berdaya

 02-12-2022 08:18 WIB by Admin  85x    News

KUDUS - Pengembangan UMKM menjadi salah satu kebijakan utama Pemerintah Kabupaten Kudus. Melalui Pasar Rakyat di sembilan kecamatan, Bupati Kudus Hartopo memberikan kesempatan UMKM untuk memperkenalkan produknya pada khalayak. 
 
Kali ini, Hartopo membuka Pasar Rakyat Kecamatan Mejobo yang digelar di Lapangan Gelanggang Pancasila Mejobo pada Sabtu (26/11). Tanah yang becek dan berlumpur setelah hujan tak mengurangi semangat Hartopo menyapa pelaku UMKM.
 
"Ini semua jajanannya masih produksi secara manual ya?," ucapnya pada pedagang keripik. 
 
"Nggih, Pak. Tapi kami masih sederhana. Kami juga belum mengurus PIRT, Pak" responsnya. 
 
"Harus segera diurus nggih, Bu. Biar pemasarannya bisa lebih luas. Bisa dititipkan di minimarket juga," ucapnya.
 
Pihaknya mendorong agar pelaku UMKM terus berinovasi. Terutama kelengkapan prosedur dan pengemasan. Sehingga UMKM lokal bisa menembus pasar yang lebih luas. Seperti minimarket maupun secara online.
 
"Kami bantu pemasarannya lewat minimarket. Tapi pedangang harus aktif melengkapi administrasinya dan pengemasannya dipercantik lagi," jelasnya.
 
Meskipun begitu, pihaknya mengamati perkembangan UMKM di Kecamatan Mejobo sudah bagus. Produk yang dijual pun beragam. Dari mulai batik, makanan, caping kalo hingga sangkar burung.
 
"Menurut saya produk yang dijual sangat beragam. Kalau dikembangkan, saya yakin produknya bisa naik kelas," terangnya.
 
Sementara itu, Camat Mejobo Zaenuri menjelaskan terdapat 90 UMKM yang berpartisipasi dalam Pasar Rakyat. Kegiatan dilaksanakan mulai 26 sampai dengan 29 November 2022. Zaenuri menjelaskan kegiatan dilaksanakan agar UMKM setempat dikenal lebih luas. 
 
"Semoga setelah acara ini UMKM Kecamatan Mejobo menjadi lebih dikenal masyarakat luas," paparnya. (*)