Bupati Kudus Apresiasi Gagasan Dinarpus Dalam Menciptakan Minat Baca Masyarakat

 24-01-2023 14:06 WIB by Admin  68x    News

Hartopo : Pocadi Diharap Dapat Mendorong Literasi
 
KUDUS - Kehadiran Pojok Baca Digital (Pocadi) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Kudus merupakan cerminan dari perpustakaan era digital yang digagas oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus). Upaya tersebut mendapatkan apresiasi oleh Bupati Kudus HM. Hartopo karena dinilai sangat positif untuk membangkitkan minat baca masyarakat.
 
Hal tersebut diungkapkan orang nomor satu di Kudus ketika melaunching Pojok Baca Digital, Penyerahan Sertifikat Hasil Akreditasi Perpustakaan Sekolah dan Penyerahan Penghargaan Perpustakaan Terbaik Tahun 2022 di Gedung Command Center Diskominfo Kudus, Selasa (24/1).
 
"Apresiasi atas terobosan Dinarpus atas adanya Pojok Baca Digital. Sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk membangkitkan minat baca. Semoga bermanfaat ," ungkapnya.
 
Dengan adanya Pocadi, Hartopo mengajak masyarakat untuk terus mendorong peningkatan budaya literasi masyarakat untuk menambah wawasan dan pengetahuan.
 
"Mari tingkatkan literasi kita terhadap bacaan untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Semoga dapat mendorong peningkatan budaya literasi," harapnya.
 
Pada kesempatan ini, Hartopo juga menyerahkan Sertifikat Hasil Akreditasi Perpustakaan Sekolah Tahun 2022 pada 10 sekolah tingkat SMP dan SMA sederajat. Sekolah tersebut meliputi, SMP 1 Jekulo, SMP 1 Mejobo, SMP 5 Kudus, SMP 1 Kaliwungu, SMP 2 Kaliwungu, SMP 1 Gebog, SMP 1 Dawe, SMP 4 Bae, SMA 1 Gebog, dan MA NU Muallimat.
 
"Harapan saya, sekolah yang sudah lulus akreditasi perpustakaan dan mendapatkan nilai baik tetap konsisten dan terus tingkatkan pelayanannya. Bagi yang belum, segera ikuti akreditasinya," pesannya.
 
Terakhir, Bupati Hartopo mengucapkan selamat pada Dinarpus Kabupaten Kudus dan Perpustakaan Rumah Inspirasi Desa Tumpangkrasak yang telah berhasil mendapatkan penghargaan Perpustakaan Terbaik tingkat Nasional dalam Implementasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Tahun 2022.
 
"Selamat, semoga penghargaan ini dapat meningkatkan semangat kita bersama untuk menjadikan perpustakaan tidak hanya sebagai tempat buku, tapi sebagai pusat kegiatan pelibatan masyarakat dengan menyediakan berbagai kegiatan pelatihan dan pembelajaran gratis," pungkasnya.
 
Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kudus Sancaka Dwi Supani mengatakan, Pojok Baca Digital selain menyediakan buku bacaan, juga menyediakan sarana prasarana digital seperti smart TV, komputer/PC all in one dan tablet android yang sudah di instal aplikasi IPUSNAS milik Perpustakaan Nasional RI dan Perpustakaan Digital milik Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kudus, serta permainan edukasi.
 
"Data bantuan dari pusat untuk Pocadi meliputi komputer/PC 4 unit, buku 700 eksemplar, tablet 5 unit, smart tv 1 unit, paket rak/sarpras 1 paket," jelasnya.
 
Sancaka juga mengatakan, dalam tiga tahun berturut, mulai 2020-2022, Dinarpus Kudus mendapat penghargaan secara berturut sebagai Perpustakaan Terbaik.
 
"Mulai 2020-2022 Dinarpus Kudus mendapatkan penghargaan sebagai Perpustakaan Terbaik dalam Implementasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial," tandasnya. (*)