Ngabuburit ala Pak Bupati Kudus

 10-06-2016 11:04 WIB by Admin  1319x    News

 
KUDUSNEWS.COM, Kudus - Banyak ragam acara untuk mengisi waktu menjelang berbuka puasa. Terutama di kalangan anak muda banyak yang berkumpul dengan teman-temannya di sebuah tempat makan untuk berbuka puasa bersama. Banyak pula yang mengisinya dengan mendengarkan pengajian di musala atau masjid di sekitar tempat tinggalnya.

Apapun acaranya –selama positif dan ada manfaat- tentu sangat baik untuk digelar. Namun Bupati Kudus H. Musthofa memiliki acara yang unik yang tentu beda dari yang pernah ada. Pastinya kegiatan tersebut membawa manfaat bagi semuanya terutama masyarakat. Acara apa sih ngabuburitnya Pak Bupati Kudus?

Pak bupati yang kini hampir delapan tahun memimpin Kudus selalu berdoa dan berupaya agar masyarakat yang dipimpinnya lebih sejahtera. Baik lahir atau batin semuanya –harapnya- tercukupi kebutuhannya. Untuk itu dirinya secara pribadi ngabuburit dengan silaturahmi ke beberapa rumah warga. Tentu untuk melihat agar tahu betul kondisi masyarakat yang sebenarnya.

”Saya ingin silaturahmi dengan bapak/ibu/mbah-mbah ini untuk melihat dan ingin tahu kondisi saudara-saudara saya semuanya,” kata Pak Bupati sore itu ketika silaturahmi ke beberapa warga di Tenggeles, Mejobo dan Sadang, Jekulo, Kamis (9/6).

Baik kondisi ketercukupan kesehatan dan pendidikan, maupun kelayakan tempat tinggal mendapat perhatiannya. Untuk itu, ketika mengunjungi rumah warga yang kurang layak, dirinya memberikan kesempatan untuk bedah rumah. Karena pemkab menganggarkan miliaran rupiah untuk itu.

”Saya mohon Pak Kepala Desa, Pak Camat, tokoh masyarakat setempat/RT-RW, untuk mendata warga yang membutuhkan,” tambahnya.

Tak jarang, bupati yang asli Kudus ini menerima keluhan warga. Ada yang ingin berobat tetapi terkendala biaya, hingga yang ingin melanjutkan pendidikan tapi kondisi ekonomi yang terbatas. Untuk itu, programnya yang telah membebaskan biaya kelas III rumah sakit dan pendidikan di sekolah negeri harusnya benar-benar dimanfaatkan.

”Termasuk yang ingin khitan, saya khitankan gratis. Bukan khitan masal. Tetapi silakan nanti pilih hari sendiri dan akan dijemput,” pungkasnya sore itu.(rg)