Sewa Gratis Kios Pasar Kliwon

 11-09-2017 10:31 WIB by Admin  356x    Ekonomi
Kudus, kudusnews.com - Puluhan usaha mikro kecil menengah (UMKM) melakukan tanda tangan perjanjian sewa gratis kios kepada Dinas Perdagangan Kudus. Mereka mendapat pinjaman kios di lantai III selama enam bulan.

Hal ini disampaikan Kabid Fasilitasi Perdagangan Promosi dan Perlindungan Konsumen Imam Prayitno belum lama ini. Dikatakannya, perjanjian sewa gratis selama 6 bulan ini merupakan kerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UMKM, untuk meramaikan lantai III Pasar Kliwon serta promosi produk lokal.

Dalam perjanjian ini diajukan 90 pelaku usaha dan penempatan kios sesuai jumlah. Tidak dipungut biaya dan waktunya juga enam bulan. Selain itu, pihaknya juga membantu promosi ke masyarakat terkait lantai III bakal ada produk-produk UMKM.

Imam menambahkan, pembukaan rencana digelar Minggu besok, 10 September 2017 dengan mengundang band dari siswa SMP. Masyarakat umum pun bisa menyaksikan sekaligus melihat produk UMKM. Itemnya juga beragam, mulai tas, baju, jilbab, makanan ringan, dan lainnya.

Menurutnya, lantai III Pasar Kliwon yang lama tidak terpakai bisa kembali hidup setelah ada UMKM menempati kios. Diharapkan, kegiatan ini mampu memberikan daya tarik pedagang yang sudah memiliki kios tersebut untuk buka kembali.

Dikatakan Imam, rata-rata kios ini sudah menjadi hak milik orang, misalkan pelaku UMKM ada yang tertarik untuk mempati maka bisa sewa dengan pemilik kios. Dan enam bulan ini masa percobaan, apakah ada respon dari masyarakat atau tidak.

Salah satu UMKM yang ikut menempati kios Tri Sulistyowati mengatakan, dapat tawaran dari Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UMKM, kesempatan bagus karena gratis dicoba.

Tri mengaku jualan makanan ringan dan snack jajanan basah. Dia akan mencoba ikut jualan di Pasar Kliwon lantai III, dan siapa tahu ada pelanggan baru. Masih kata Sri, ini adalah program yang bermanfaat dan harus dimaksimalkan.
Ditempat terpisah, kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UMKM Kudus Bambang Tri Waluyo mengatakan, sudah ada kesepakatan kerjamasa dan sama-sama butuh promosi.

Dikatakan Bambang TW, ide awal dari Dinas Perdagangan yang tujuannya untuk meramaikan kembali Pasar Kliwon lantai III. Dan pihaknya menyambut tawaran dengan baik sekaligus mengenalkan produk lokal UMKM supaya lebih luas dikenal masyarakat. (Roy Kusuma – RSK)