Pemenang Festival Karnaval Budaya Sudah Diumumkan Secara Resmi

 28-09-2017 10:28 WIB by Admin  90x    Budaya
Kudus, kudusnews.com - Para pemenang Festival Karnaval Budaya dalam rangka Hari Jadi Kota Kudus ke 468, Selasa kemarin, 26 September 2017 sudah diumumkan secara resmi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus. Menurut Kasi Seni, Tradisi dan Bahasa pada Disbudpar Kudus, Giyono, Rabu 27 September 2017, setelah ditandatangani oleh Kepala Disbudpar, surat keputusan para pemenang oleh tim juri dikirimkan ke semua peserta Festival Karnaval budaya.

Dikatakan oleh Giyono, dalam penilaian ini dilakukan oleh 5 tim juri, dua dari Kudus termasuk dirinya sebagai ketua tim juri, dan 3 lainnya dari luar kota. Masing – masing juri memiliki penilaian secara subyektif dan obyektif sendiri. Dan tidak ada intervensi apapun dalam penilaian ini.

Ditambahkannya, dari seluruh peserta yang ikut dalam acara itu, menunjukkan performa serta glamour yang lebih baik dari tahun lalu. Ini ditunjukkan oleh nilai yang tidak terpaut jauh dari peserta yang menjadi pemenang dengan peserta lainnya yang tidak menjadi pemenang.

Beberapa penilaian oleh tim juri diantaranya, kesesuian tema dan sajian yang ditampilkan peserta, krativitas, tata rias dan busana, kekompakan antara musik dan penari.

Terkait bocornya informasi pemenang sebelum diumumkan secara resmi, Giyono mengaku hal itu dilakukan oleh oknum anggota tim juri. Ditegaskannya, setelah mendapatkan informasi itu, dirinya sangat gundah kepada para tim juri lainnya. Dia berjanji, tahun depan tim juri lebih profesional dan dapat dipertanggungjawabkan. Dia juga mengakui, karena kecerobohan tim juri membuat bocornya informasi pemenang keluar terlebih dahulu, sebelum diumumkan secara resmi.

Berikut para pemenang Festival Karnaval Budaya yang berlangsung pada Sabtu malam, 23 September 2017. Kelompok SMP, Juara 1 (SMP 1 Jati), Juara 2 (SMP 5 Kudus), Juara 3 (SMP 2 Kudus), Juara Harapan 1 (SMP 1 Kudus), Juara Harapan 2 (SMP 3 Kudus), Juara Harapan 3 (SMP 2 Jati).

Kelompok SMA/SMK, Juara 1 (SMA 1 Mejobo), Juara 2 (SMA 2 Bae), Juara 3 (SMA 1 Kudus), Juara Harapan 1 (SMA 1 Jekulo), Juara Harapan 2 (SMK 1 Kudus) dan Juara Harapan 3 (SMK Wisuda Karya).

Kelompok Umum, Juara 1 (Kecamatan Mejobo + UPT Pendidikan Kecamatan Mejobo), Juara 2 (UPT Pendidikan Kecamatan Jati), Juara 3 (Kecamatan Kota + UPT Pendidikan Kecamatan Kota), Juara Harapan 1 (Kecamatan Undaan + UPT Pendidikan Kecamatan Undaan), Juara Harapan 2 (Kecamatan Jati) dan Juara Harapan 3 (Kecamatan Bae + UPT Pendidikan Kecamatan Bae). (Roy Kusuma – RSK)