Bupati Kudus : Tradisi di Kudus Bisa Angkat Kesejahteraan Warga

 25-09-2018 09:58 WIB by Admin  104x    Budaya



Kudus (24/9) - Bupati Kudus HM. Tamzil dan wakil bupati Kudus, HM. Hartopo menghadiri acara Salin Luwur dan Haul Kangjeng Sunan Muria yang berlangsung di desa wisata Colo. Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Bupati Pati Haryanto, Kepala Dinas Kominfo, Dandim 0722/Kudus, Kapolres Kudus, Habaib dan Ulama Kudus serta Kepala Desa Colo. Acara Salin Luwur dan Haul Kangjeng Sunan Muria merupakan kegiatan rutin tiap tanggal 15 Muharram.

Setelah berada di Makam Sunan Muria, HM. Tamzil dan HM. Hartopo mengikuti rangkaian acara sebelum pemasangan Salin Luwur, diantaranya adalah pembacaan Surat Yasin oleh KH. Ulil Albab Arwani. Setelahnya, KH. Arifin Fanani memimpin Tahlil dan dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh KH. Ulin Nuha Arwani. Sebagai tambahan informasi, para Perhimpunan Pemangku Makam Aulia (PPMA) se-Jawa turut diundang oleh panitia.

Dalam sambutannya, HM Tamzil mengungkapkan syukur atas karunia Allah karena pada kesempatan Buka Luwur Sunan Muria merupakan hari-hari kerja pertama sebagai bupati dan dapat hadir bersama wakil bupati. "Alhamdulillah berkat karunia Allah saya dan pak Hartopo dapat hadir disini sekaligus menjadi hari kerja pertama kami dapat mengunjungi makan wali Allah," ungkapnya.

HM. Tamzil juga memiliki keyakinan bahwa dengan spirit religius yang dimiliki warga Kudus, seperti halnya tradisi Buka Luwur dan tradisi lainnya yang dijunjung tinggi, maka masyarakat akan semakin sejahtera."Saya yakin dengan spirit religius yang dimiliki warga Kudus, insya Allah akan semakin sejahtera karena dilandasi oleh tradisi-tradisi yang masih dipegang," imbuhnya.

Sebagai penutup pidatonya, HM. Tamzil meminta doa dan dukungan kepada habaib dan ulama serta warga Kudus yang hadir agar dapat menjalankan amanah sebagai pemimpin Kudus sehingga visi misinya dapat tercapai untuk membuat rakyat Kudus sejahtera.