Bupati Kudus Sampaikan Gaji Satu Juta Rupiah Untuk Para Guru Ngaji di Khaul Mbah Suro Ngawi Getassrabi

 01-10-2018 22:04 WIB by Admin  83x    Pendidikan

KUDUS- Program gaji satu juta rupiah untuk guru ngaji Kudus akan terealisasi tahun depan. Hal ini diungkapkan Bupati Kudus HM Tamzil saat menghadiri pengajian umum Khaul cikal bakal Dukuh Karangmojo Mbah Suro Ngawi ke-19 dan Empat Belasan Jam'iyyah NU Ranting Desa Getassrabi. Acara ini diselenggarakan di depan Masjid Jami' Dukuh Karangmojo, Getassrabi sore ini (1/10).

Dalam sambutannya, sesuai janjinya, dirinya akan menggaji guru madrasah satu juta rupiah per bulan mulai tahun depan. “Untuk bulan-bulan ini masih pendataan biar tidak salah, dan masih proses di DPRD,” ujarnya. Tamzil menyampaikan sudah menganggarkan sekitar 144 milyar rupiah setahun untuk gaji guru ngaji, swasta, imam masjid maupun khotib. Termasuk pengobatan gratis di RSUD kelas tiga. “Masyarakat tinggal membawa KTP dan KK ke RSUD,” ujarnya.

Mengenai pengajian umum Khaul Mbah Suro Ngawi Getassrabi, dirinya mengaku ini merupakan ngaji pertamanya sejak dilantik menjadi Bupati Kudus seminggu yang lalu. “Terima kasih telah menerima saya di sini, semoga semua yang hadir di sini diberi kesempatan untuk ziarah ke Mekkah dan Madinah,” ujarnya. Dirinya juga mendo’akan agar jasa Mbah Suro Ngawi diterima oleh Allah SWT.

Sementara itu, perwakilan panitia khaul, Kyai Sholikhan Pantia Khaul menyatakan terima kasih kepada warga yang hadir. “Semoga kedatangan para warga di sini memberikan manfaat dan barokah,” ujarnya. Dirinya menjelaskan bahwa khaul ini sekaligus untuk mengingat perjuangan Mbah Suro Ngawi menjadikan dukuh Karangmojo lebih religius. Kepala Desa Getassrabi H. Badrus juga menjelaskan khaul ini untuk ‘ngrumati’ cikal bakal dukuh. “Biar dukuh tambah tentram, damai, dan diberikan sehat,” ujarnya. Badrus menyampaikan walaupun generasi yang sekarang tidak pernah bertemu Mbah Suro Ngawi, tapi bisa selalu mengenang karena diselenggarakannya khaul. Acara khaul cikal bakal Dukuh Karangmojo Mbah Suro Ngawi menghadirkan KH. Idham Cholid dari Demak.