Mari berwisata ke Kudus

 14-04-2014 02:09 WIB by Admin  3933x    Pariwisata

KUDUSNEWS.COM, Kudus, Kota terkecil di Jawa Tengah ini hanya memiliki luas wilayah 425,16 km2 . Walaupun begitu kabupaten ini termasuk kabupaten yang lumayan maju dibanding dengan kabupaten lain disekitarnya. Siapa yang tak kenal PT Djarum yang merupakan perusahaan besar produksi rokok di Indonesia. Perusahaan tersebut terletak di Kab. Kudus. Selain Djarum juga terdapat beberapa perusahaan rokok seperti Nojorono, Sukun dan perusahaan rokok skala kecil. Untuk itulah Kabupaten Kudus ini terkenal sebagai kota kretek.

Kali ini kita tidak akan membahas masalah rokok. Tetapi akan menginformasikan apa saja obyek wisata / tempat wisata yang ada di Kudus. Kota kretek ini mempunyai obyek wisata yang lumayan banyak. Jika kita ingin wisata religi, Kudus memiliki dua makam sunan walisongo yaitu sunan kudus dan sunan muria. Selain itu juga terdapat macam macam obyek wisata lain seperti wisata alam, wisata sejarah dan wisata kuliner tentunya. Inilah beberapa obyek wisata di Kudus.

menara-kudus

Menara dan Makam Sunan Kudus, ikon kota Kudus adalah sebuah menara yang dinamakan menara kudus. Menara ini berada di komplek Masjid Al – Aqsa. Memang masjid al – aqsa kurang begitu terkenal di kalangan warga kudus. Masjid ini lebih terkenal dengan masjid menara Kudus mungkin dikarenakan masjid ini sebuah menara yang bernilai historis tinggi, eksotis dan unik. Selain itu di belakang Masjid Al-Aqsa juga terdapat beberapa makam yang salah satunya adalah Sunan Kudus atau Jafar Shodiq yang merupakan salah satu dari walisongo yang ada di kota Kudus.

makam sunan muria

Makam Sunan Muria. Salah satu walisongo yang bernama Syeh R.Umar Sa’id atau yang terkenal dengan sebutan sunan muria ini dimakamkan di desa Colo, Kec. Dawe. Berjarak kira kira 18 km dari pusat kota. Makam ini berlokasi di atas sebuah bukit di desa tersebut dan berada satu kompleks dengan masjid sunan muria Untuk itu pengunjung yang ingin ziarah ke makam sunan muria harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 500 meter melalui anak tangga. Untuk yang tidak ingin capek berjalan naik ke atas bukit, pengunjung bisa memilih diantar ojek motor. Dalam perjalanan menuju ke makam sunan muria, pengunjung disuguhi  dengan beberapa kios cinderamata, oleh oleh dan aneka jajanan. Di kompleks masjid, kita bisa melihat beberapa peninggalan sejarah seperti bangunan masjid yang beratap joglo, bertingkat tiga dan  beratap kayu sirap, empat tiang pondasi masjid dan sebuah bedug yang dibuat tahun 1834.

air terjun montel

Air Terjun Montel. Air terjun ini masih berada pada kawasan Makam Sunan Muria. Setelah selesai berziarah kita bisa menikmati sejuknya air di air terjun montel. Air terjun ini memliki tinggi sekitar 25 meter. Kita dapat mengunjungi Air terjun monthel 30 menit dengan berjalan kaki dari makam Sunan Muria.  Kita juga bisa memilih jasa ojek untuk dapat mengunjungi montel. Kita dapat bermain dan menikmati segarnya air di tempat itu. Terdapat batu batu besar yang menambah keindahan air terjun tersebut.

colo kudus

Obyek Wisata Colo. Obyek wisata ini masih terletak di lereng gunung muria. Pemandangan indah bukit bukit yang berada di pegunungan muria sangat cocok bagi kita yang ingin bosan dengan suasana kota. Colo berada pada ketinggian 1.602 mdpl ini memiliki suasana yang sejuk dan alami.

Di Colo terdapat juga bumi perkemahan Kajar yang terletak di kawasan hutan Pinus, berjarak 3 km ke arah selatan dari obyek wisata Colo, tepatnya di desa Kajar Kecamatan Dawe Kudus. Kawasan Kajar merupakan lokasi yang yang biasanya digunakan untuk kegiatan camping dan hiking (perkemahan dan jelajah medan atau lintas alam), baik bagi pelajar, pramuka, maupun remaja pada umumnya.

rahtawu kudus

Rahtawu. Rahtawu merupakan sebuah nama desa. Desa rahtawu ini merupakan sebuah desa yang berada di Kec. Gebog, Kab. Kudus. Desa rahtawu adalah salah satu desa wisata yang berada di lereng gunung muria. Kita dapat menuju lokasi desa rahtawu dengan mengendarai motor ataupun mobil. Tapi dianjurkan menggunakan sepeda motor saja dikarenakan jalan yang ditempuh agak sempit. Rahtawu berada pada ketinggian 1.627 mdpl. Kita bisa menikmati suasana pegunungan dengan udara yang sejuk dan segar yang masih sedikit terkena polusi. Selain itu kita bisa memandang indahnya pemandangan khas pegunungan saat menuju ke desa Rahtawu. Di rahtawu kita bisa mencoba mandi di sungai yang masih jernih yang dihiasi batu kali. Selain itu kita bisa mengunjungi beberapa  bangunan pertapaan.

museum kretek

Museum Kretek. Museum  Kretek ini terletak di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kudus,sekitar 3 km dari Kota Kudus, yang dibuka pada 3 Oktober 1986, museum ini menyimpan bebrapa peralatan pembuatan rokok kretek dan klobot, beberapa foto sejarah rokok di Kudus dan diorama yang memperagakan proses pembuatan rokok. Di kompleks museum ini juga terdapat rumah Joglo yang merupakan rumah adat Jawa. Rumah Adat dibuat tahun 1828 M, dibangun dengan bahan kayu jati berkualitas tinggi dengan sistem bongkar pasang tanpa paku.

situs patiayam

Museum Situs Patiayam. Situs Patiayam merupakan salah satu obyek wisata bernuansa purbakala yang terdapat di Kudus terletak Di Desa Terban, Kecamatan Jekulo. Kita dapat melihat gading gajah purba, gigi geraham Homo Erectus, dll. Situs Patiayam termasuk salah satu situs Homonid pada periode Plestosin di Jawa. Sang primadona di situs patiayam ini adalah Stegodon Trigonochepalus atau yang disebut gajah purba.

air-tiga-rasa

Wisata Alam Rajenu. Wisata Alam Rejenu ini terletak di Pegunungan Argo Jembangan, Gunung Muria, Kita dapat menikmati indahnya pemandangan pegunungan dan keanekragaman hayati dan satwa di daerah tersebut. Di wilayah ini juga terdapat Sumber mata  Air Tiga Rasa airnya memiliki tiga rasa, yang konon memiliki khasiat berbeda, dan jika dicampur rasanya akan menjadi tawar.

waterboom mulia wisata

Waterboom Mulia Wisata. Terletak di Jalan Kudus-Colo, kilometer 12, Desa Lau, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Waterboom ini merupakan satu satunya wahana air yang ada di Kudus yang baru saja diresmikan pada tahun 2011. Terdapat berbagai wahana permainan air seperti ember besar, kolam arus, dan kolam renang standar. Jika tak ingin bermain air, kita bisa juga mencoba ATV atau hanya sekedar mancing. Terdapat juga mini market, warung makan, kantin dan aneka buah dan jus. Jadi tidak usah khawatir dan repot membawa bekal dari rumah. Waterboom ini buka mulai jam 08.00 sampai 17.00 setiap hari.

Untuk kuliner atau makanan yang khas di Kudus kita bisa mencoba beberapa menu seperti:

  1. Soto Kudus
  2. Sate Kerbau
  3. Lentog Tanjung
  4. Garang Asem
  5. Jenang Kudus

Mari berwisata ke kota Kudus, tidak ada salahnya kita mencoba bermacam-macam jenis wisata dari religi, alam, sejarah serta menikmati berbagai atraksi-atraksi budayanya. (sat/red)

Sumber : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Kudus