Gerakan Pramuka Wajib Menjadi Pelopor Prokes

 05-06-2021 19:30 WIB by Admin  122x    News

KUDUS - Gerakan pramuka sebagai wadah generasi muda diajak untuk menjadi agen penerapan protokol kesehatan (Prokes). Hal ini disampaikan Ketua Kwarcab Kudus, Mawar Anggraeni dalam webinar kepramukaan di Eks Ruang Rapat Wabup, Sabtu (5/6). Bertema Implementasi Satya dan Dharma sebagai Pembina Pramuka di Masa Pandemi Covid-19, kegiatan diikuti oleh anggota pramuka dari Mahasiswa PGSD Universitas Muria Kudus.
 
Seminar membahas peran pramuka dalam mencegah penularan kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus. Untuk memutus rantai penularan virus corona, langkah yang paling efektif adalah mematuhi protokol kesehatan 3M. Mawar Anggraeni mengatakan, menjaga kesehatan ketika pandemi adalah hal yang terpenting bagi diri sendiri supaya keluarga tetap sehat.
 
"Kita harus menjaga kesehatan, ini untuk diri kita sendiri dan keluarga. Adik-adik di sini harus tetap semangat mensosialisasikan ke masyarakat tentang prokes. Setiap beraktivitas harus bisa menjaga ptokes dengan ketat," ujarnya.
 
Dirinya juga berpesan kepada para pembina pramuka untuk mampu menjadi teladan dalam pengamalan Satya dan Dharma Pramuka. Lewat Gerakan Kedisiplinan Nasional, nilai-nilai Pramuka wajib diterapkan dalam penanggulangan Covid-19. Diharapkan, webinar tersebut menjadi sarana peningkatan peran anggota gerakan pramuka di Kudus pada khususnya. 
 
"Gerakan Kedisiplinan dan Kepedulian Nasional diarahkan pada peningkatan peran serta anggota Gerakan Pramuka dalam ikut menanggulangi dampak pandemi Covid-19. Mari kita semua ikut berperan dalam pencegahan Covid di Kabupaten Kudus," pesannya.
 
Tak lupa, Mawar Anggraeni menyampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara. Meskipun secara daring, kegiatan pramuka diharapkan terlaksana secara rutin sebagai bagian dari pendidikan karakter bagi generasi muda. 
 
"Gerakan Pramuka memiliki peran dan fungsi yang strategis dalam memberikan kontribusi yang positif melalui kegiatan kepramukaan yaitu pendidikan, pelatihan dan pengabdian masyarakat," pungkasnya.